September 29, 2021

Hayou Menulis

Sedikit Penuh Manfaat

Resolusi Tahun 2021

Be The Best

Tahun 2021

Tahun baru, Semangat baru, Untuk jadi Lebih baik

Bismillah …

Mengawali tahun baru pagi ini sudah masuk tahun 2021. Semalam tidur selama satu tahun dong…hehe.

Seperti biasa jelang pergantian tahun, kami habiskan untuk tidur lebih awal, dan bangun ketika tahun telah berganti.  Kami tidak mengadakan acara apa-apa, seperti biasa saja…tetapi ada beberapa hal yang kami tekankan, upaya dan tekad untuk jadi lebih baik ditahun baru ..lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ada beberap poin penting yang menurutku harus dilakukan untuk agenda tahun ini.

 

Memaafkan dan Meminta Maaf

Renungan akhir tahun 2020, masih ada baper sedikit tentang orang-orang yang pernah menyakiti dan itu saya anggap dzolim. Maka, bertekad memaafkan, juga berpikir positif bahwa semua orang itu baik. Mencoba memahami alasan mengapa orang bisa berbuat tidak baik, karena pada dasarnya semua manusia itu terlahir suci. Kalau jadi jahat itu karena berbagai faktor dalam kehidupan yang mempengaruhinya. Selain itu diri ini juga pasti pernah berbuat salah kepada orang lain, maka memaafkan dan meminta maaf adalah jalan paling bijak.

Fokus Berkarya

Ini penting sekali direncanakan dan dilaksanakan pada tahun ini. Berkarya disini dikaitkan dengan kegiatan tri dharma perguruan tinggi (Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat). Sebagai dosen harus melakukan ketiganya secara seimbang dan baik. Tidak boleh hanya fokus disatu kegiatan saja, misalnya hanya mengajar saja, itu tidak boleh, ketiganya harus dipenuhi. Porsi masing-masing sudah ditentukan dalam aturan POPAK, sesuai dengan jenjang fungsional masing-masing dosen.

Khusus untuk saya pribadi fokus berkarya yang akan saya lakukan adalah menulis dan menerbitkan buku. Sudah ada beberapa nasakah dan draf naskah yang tertunda, semoga tahun ini bisa diterbitkan semua, aamiin. Kepenulisan buku memang saya beri jatah waktu paling besar dibanding kepenulisan lainnya, seperti artikel penelitian, artikel blog, fiksi, dan lain-lain. Khusus artikel blog atau web semoga lebih rutin menulis ..sayang kalau tidak dikelola dengan baik.

Kegiatan pengabdian masyarakat akan dilaksanakan dalam waktu dekat, bersama tim. Awalnya hanya sedniri, namun ada beberapa teman dosen yang tertarik untuk bergabung. Alhamdulillah, semoga semakin bermanfaat bagi masyarakat. Tempat yang pertama akan dilakukan kegiatan pengabdian di desa Sumberejo, Way Jepara, tidak jauh dari keberadaan kampus tempat saya mengabdi. Kebetulan ada teman yang meminta dan menyediakan tempat dan bersedia mengundang para tetangganya untuk menjadi peserta kegiatan. Teman saya ini memang sudah banyak melakukan kegiatan untuk masyarakat, dibidang keagamaan, akan semakin lengkap jika kegiatan itu ditambah dengan kegiatan lain.

Pengajaran, harus ditingkatkan kualitasnya baik isi materi, penyajian dan lain-lain. RPS harus segera dibuat untuk setiap mata kuliah yang diampu. termasuk membuat buku ajar..ini penting agar standar mutu menjadi lebih baik. Manfaat membuat buku ajar ini tentunya tidak hanya memperbaiki kualitas pengajaran, namun juga memberikan poin bagi dosen untuk meningkatkan jenjang fungsional. karena buku ajar memiliki kum yang cukup baik. Sehingga dapat membantu dosen dalam jabatan fungsional. Manfaatnya bagi mahasiswa, lembaga dan dosen itu sendiri. Hal-hal baik begini memang ahrus terus digalakan dan ditingkatkan. Mulai dari diri sendiri dulu, mudah-mudahan menular ke orang lain.

Buku referensi juga penting untuk ditulis, apalagi sudah banyak bahan yang tersimpan dilaptop. Disertasi juga belum digarap jadi buku. Niatnya sudah dari tahun 2019 akhir, sampai sekarang belum jadi tuh…PR besar nih. Juga buku bersama bapak dosen dan teman-teman, harus ada progress dan selesai, ..diterbitkan. Selain keupasan diri, kemanfaatn bagi orang lain, buku referensi juga bermanfaat untuk menambah KUM pengajuan jenjang jabatan akademik kategori penelitian. Kumnya lumayan, 40 poin. sangat membantu pencapaian KUM penelitian di POPAK.

Buku Chapter juga penting ditulis. Alhamdulillah sudah dimulai sejak akhir desember 2021, bersama teman-teman di STIE Lampung Timur dan STMIK Pringsewu. Semoga akhir bulan Januari 2021 naskah sudah siap semua. Saya yang dipercaya menjadi editornya semoga bisa bekerja maksimal. aamiin

Menjadi Pribadi yang lebih baik

Nah ini project pribadi yang tidak mudah, tapi harus terus diusahakan. Lebih baik disini memiliki makna, lebih sabar, lebih banyak diam, lebih banyak melayani keluarga terutama anak-anak dan suami. Namun yang utama bahagiakan diri sendiri dulu, penuhi tangki kebahagiaan diri, baru bisa bahagiakan anak dan suami. Teorinya begitu bukan? semoga bisa praktekan.

Lebih disiplin juga jadi agenda penting dalam manapaki kehidupan ditahun 2o21. Manajemen waktu masih belum bagus. Juga manajemen emosi, masih sering baper…hehe.

Banyak lagi indikator lain untuk jadi lebih baik versi saya…

Semuanya haus diniatkan utnuk ibadah menggapai ridho Allah…