Juni 19, 2021

Hayou Menulis

Sedikit Penuh Manfaat

Zoom

Tentang Zoom

Pandemi covid-19 merubah banyak hal. Termasuk menyelenggarakan seminar, pembelajaran sekolah dan lain-lain.

Aplikasi Zoom menjadi primadona saat pandemi ini untuk acara rapat, silaturahmi, seminar, dan pembelajaran online.
Zoom adalah aplikasi atau software yang dipergunakan untuk rapat virtual atau teleconference dengan konsep berbagi layar (sharing screen). Dengan kata lain Zoom merupakan media untuk berbagai acara yang diadakan secara daring (online).
Berawal dari obrolan dengan teman-teman di whatsapp group (WAG) yang menggunakan beberapa kata Zoom untuk kata lain yang ucapannya sama.

Misalnya iuran bahasa jawanya sum - suman menjadi zoom - zooman.

Muncul ide untuk menggunakan kata zoom pada berbagai kata. Saya posting di facebook. Postingan itu mendapat respon dari beberapa teman yang diungkap dalam kolom komen.

Seruu juga ya? dan menghibur ūüėĄ
Inilah contohnya:
  • Sekarang lagi UZoom (baca usum = musim) acara pakai Zoom

Kata-kata yang menggunakan  Zoom :

  1. Perzooma belajar kalau tidak paham
  2. Makan bubur zoom zoom di tempat bulek Zoomiyati
  3. Makan siang menunya Zoomi-zoomi bakar
  4. Merasa capek dan lelah pijat tempat pakde Zoomadi
  5. Senam Zoomba banyak disukai kaum wanita
  6. Kain batik zoomputan sangat populer  dan disukai saat ini.
  7. Para Zoomblo bahagia dengan kesendiriannya
  8. Gudeg yang paling enak adalah gudeg Yu Zoom
  9. Gratis itu sama dengan Zooma – zooma
  10. Harus tetap bekerja keras biar periuk tidak zoomplang
  11. Kalau sakit flu kepala rasanya zoomleng
  12. Kalau ada zoomur diladang bolehlah kita zoom-zooman lagi (Mba Anis)
  13. Zooma kamu yang aku tunggu (Bu Eka)
  14. Aku zooma bisa ketawa (Nia)
  15. Nama-nama yang diawali dengan kata Jum, sum (dibaca zoom) Zoominten,zoomirah,zoomingan,zoomadi, Zoomaroh, zoomidi, zoomiyati, zoomilah, zoomini dll.
Itulah antara lain kata-kata yang menggunakan awalan zoomūüėÉ.¬†Kadang menulis hal - hal yang ringan dengan aroma komedi, lucu, mampu menghibur diri dan mengasah kreatifitas. Bisa menjadi solusi ketika tidak sedang mood menulis yang serius.¬†Menjadi sarana berlatih agar tetap menulis setiap hari. Melepaskan penat pikiran, bisa membuat tertawa dan bahagia.
Sekarang giliran menulis yang rada serius tentang zoom. Sejak pandemi bertebaran iklan berbagai tema dari beragam bidang ilmu untuk acara online terutama webinar.

Media  untuk acara online utamanya webinar tidak hanya zoom sebenarnya. Ada google meet, facebook, instagram live dll. Tetapi yang paling banyak digunakan dan populer adalah zoom. Tidak heran jika zoom sekarang dikenal di berbagai kalangan. Zoom sangat berjasa dalam menyebarkan berbagai ilmu selama pandemi ini.
Perusahaan  Zoom mengalami panen raya selama covid ini. Selalu ada hikmah pada saat krisis apapun, salah satunya adalah bisnis zoom tersebut. Imbasnya saham Zoom naik sebesar 74 persen. Luar biasa bukan?

Zoom Cloud Meeting merupakan suatu aplikasi(software) yang memiliki manfaat untuk media komunikasi online atau jarak jauh yang dilengkapi dengan fitur video conference, meeting online (rapat), dan chatting.

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk mengadakan pertemuan tanpa harus berada di tempat atau ruangan yang sama, bahkan lintas negara dengan banyak orang. Hal yang sebelumnya jarang dilakukan.

Manajemen perusahaan Zoom benar-benar serius dan fokus meningkatkan pelayanan, agar pengguna atau konsumen merasakan pengalaman yang berkualitas dan luar biasa. Hal itu dikatakan oleh Stackelberg CEO Zoom. Upaya lain guna meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan meningkatkan fasilitas.

Biaya yang harus dikeluarkan konsumen memang relatif mahal pada awal membeli akun tersebut. Namun untuk pembelian paket kedua dan selanjutnya bisa lebih murah. Informasi berbagai sumber ada paket 70 dolar AS, 300 dan lain -lain, bahkan ada yang gratis.

Kapasitas meeting yang tersedia 100, 200, 500 orang dan tak terbatas. Satu paket biasanya bisa digunakan selama satu bulan dan bisa di upgrade.

Kelebihan Zoom

  • Kapasitas Ruang Besar

Mampu menampung 1000 peserta dan 10.000 penonton.

  • Tersedia Fitur Cantik
          Gambar dan Suara Jernih
  • Fitur bisa di on/off kan

Fitur on/off tersedia maka peserta maupun pembicara bisa mematikan perangkat suara dan video ketika akan meninggalkan acara untuk sementara tanpa menggangu jalannya acara

  • Memiliki berbagai macam perangkat
Aplikasi Zoom Cloud Meeting dapat dioperasikan melalui  berbagai    perangkat seperti HP android, iPhone, PC, dan laptop. Jadi tinggal pilih saja mau pakai perangkat yang mana.

Kalau saya sih tergantung acara dan berperan sebagai apa. Kalau          menjadi peserta saja biasanya saya gunakan HP android, tetapi ketika menjadi pembicara saya gunakan laptop.
  • Mendukung presentasi

Materi presentasi dapat ditampilkan dilayar dan dapat disaksikan oleh pembicara maupun peserta.

  • Berbagi file,video dan¬† foto
Zoom memungkinkan untuk berbagi secara langsung dan terpercaya baik    itu  video, live video, file, foto, google drive dan dokumen lainnya.

Kekurangan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

  1. Kurang aman

Akhir Рakhir ini banyak berita yang mengatakan bahwa terjadi kebocoran data pengguna zoom ke publik. Selain itu aplikasi ini tidak menyimpan data privasi dengan baik. Maka  penyebaran data penting seperti wajah, lokasi pengguna, hingga jam login pengguna susah dihindari.


2. Berbahasa Asing

Aplikasi zoom menggunakan bahasa Inggris di dalamnya dan tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Untuk itu dibutuhkan pemahaman bahasa inggris jika terjadi masalah yang serius agar tidak salah penanganan.

Biasanya ada operator yang paham bahasa inggris selama acara berlangsung, sehingga masalah ini bisa diatasi.


3. Boros kuota
Aplikasi zoom membutuhkan kuota cukup banyak karena aplikasi ini menampilkan video dan lain-lain. Tidak heran jika kuota internet cepat sekali habis.

4. Ancaman Malware

Ancaman Malware disebabkan proses instalasi aplikasi Zoom pada sistem operasi Mac OS dilakukan dengan model yang tidak lazim dan juga mirip software berbahaya (malware). Ada beberapa manipulasi dan juga ketidaksesuaian antara keterangan dan juga kenyataan yang dilakukan oleh aplikasi Zoom. Itulah sebabnya zoom dianggap ancaman malware.

5. Zombie Komputer

Zoom dapat digunakan untuk kegiatan peretasan kata mantan kontraktor NSA yang juga seorang hacker, Patrick Wardle. Aplikasi Zoom ini. Selain itu zoom bisa dipakai untuk menginstall malware, sehingga komputer berpotensi menjadi komputer zombie yang bisa dikendalikan.

Siapa Pendiri Zoom?

Aplikasi Zoom berasal dari negara China, yang didirikan oleh Eric Yuan. Lahir di Shandong China, 49 tahun lalu. Eric Yuan termasuk orang terkaya di dunia menurut Forbes. Jabatan Eric saat ini adalah CEO Zoom Technologies, Inc.

Pada saat orang lain mengalami kerugian akibat pandemi, justru Eric Yuan mendulang laba. Kekayaannya meningkat 112 persen atau menjadi $ 7,57 miliar. Modal untuk membangun perusahaan konferensi video tersebut adalah $35 miliar dolar selama 9 tahun. Ternyata memang tidak singkat ya, butuh waktu lama membangun suatu usaha sampai berhasil.

Negara yang Menolak Zoom

Meskipun Zoom banyak populer dan banyak digunakan di berbagai negara,tetapi ada juga negara yang melarang penggunaan zoom.

Negara yang melarang menggunakan zoom adalah
  1. Amerika Serikat
  2. Taiwan
  3. Singapura
  4. Jerman
Larangan di empat negara tersebut¬† karena alasan yang sama yaitu keamanan. Ooh begitu ..ūü§Ēūü§Ēūü§Ē

Demikian rangkaian aksara mengenai Zoom. Terimakasih