Juni 19, 2021

Hayou Menulis

Sedikit Penuh Manfaat

Variabel Penelitian Adalah

Variabel dan Jenis-jenis Variabel

Variabel selalu erat kaitannya dengan penelitian. Penelitian terdiri dari beberapa variabel yang menjadi fokus peneliti. Selain itu penelitian biasanya bertujuan melihat bentuk hubungan antar variabel satu dengan variabel lainnya. Kemudian hasilnya ditarik kesimpulan. 

Pengertian variabel

Segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2009: 38).

Berbagai pendapat mengenai pengertian variabel dikemukakan oleh berbagai ahli. Berdasarkan pendapat Prof. Sugiono (2010), variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dikaji sehingga diperoleh informasi, kemudian hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan.

Pendapat lainnya yaitu Arikunto (2006) variabel adalah obyek penelitian yang menjadi perhatian pada titik obyek penelitian, dan akan mendapatkan nilai dari kesimpulan suatu proses.

Kedua definisi tersebut dapat dinyatakan bahwa variabel adalah sesuatu yang berbentuk apa saja menurut peneliti dan menjadi perhatian peneliti, kemudian dikaji untuk memperoleh informasi guna menarik kesimpulan.  

Jenis-jenis variabel

Variabel penelitian meliputi beberapa jenis yaitu variabel bebas/ independen, variabel terikat/dependen, variabel mediasi, variabel moderasi, variabel control, variabel intervening.

Variabel Bebas (Independen)

Variabel bebas sering disebut juga sebagai variabel independen atau variabel X, prediktor, stimulant, anteseden, variabel eksogen, dan variabel penyebab. Variabel tersebut merupakan variabel yang besar kecil nilainya tidak dipengaruhi oleh variabel dependen (terikat). Dengan kata lain variabel bebas ini berperan mempengaruhi variabel terikat.

Variabel Terikat (Dependen)

Variabel dependen (terikat) yaitu variabel yang besar kecil nilainya dipengaruhi oleh variabel dependen. Variabel ini berperan sebagai variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas.

Variabel dependen dikenal juga dengan istilah variabel Y, variabel output, variabel konsekuen, variabel kriterion, dan variabel endogen.   

Variabel Moderasi

Variabel moderasi adalah variabel yang nilainya berperan memperkuat atau memperlemah nilai hubungan antara variabel independen dan dependen. Variabel ini juga disebut sebagai variabel “antara” karena posisinya berada diantara variabel independen dan dependen.

Variabel Intervening

Pengertian variabel kontrol adalah variabel yang nilainya dikendalikan secara konstan sehingga hubungan variabel independen pada variabel dependen tidak berpengaruh pada faktor luar.

Variabel ini dikenal sebagai variabel mediasi yang berperan menjembatani hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikat.

Dengan demikian variabel ini dapat dikatakan bahwa nilai dan hasilnya adalah nyata dan tidak terkait oleh media manapun. Oleh karenanya variabel ini cocok dan sering digunakan pada penelitian yang bersifat perbandingan/ komparatif.

Variabel Kontrol

Variabel kontrol adalah faktor-faktor yang harus dikontrol oleh peneliti untuk menghindari pengaruh-pengaruh yang tidak diinginkan muncul pada fenomena yang diamati.

Pengaruh dari variabel kontrol dapat dikendalikan, sedangkan pengaruh dari variabel moderator dapat dipelajari. Peneliti harus lebih dahulu menentukan nama pada saat menyusun sebuah eksperimen, kemudian harus dipelajari dengan baik dan variabel mana yang harus dikontrol. Dalam hipotesis penelitian variabel kontrol tidak dituliskan secara spesifik. Selain itu  variabel kontrol adalah variabel-variabel yang berpengaruh yang harus dinetralisir atau dikontrol.


 ****

Baca juga artikel : Research gap, riset gap, kesenjangan penelitian