Juni 19, 2021

Hayou Menulis

Sedikit Penuh Manfaat

Tips Presentasi Didepan Umum

Solusi Atasi Grogi Sebelum, Saat dan Setelah Bicara di Depan Umum

Meskipun sudah sering berbicara di depan umum tak urung perasaan grogi masih kerap saya alami.  Perasaan nervous itu memang wajar selalu hadir setiap akan tampil ditempat baru, audience baru, materi baru, dan lain-lain. Ada rasa takut tidak mampu, dan malu efeknya jadi bingung, dan tidak percaya diri. Nah, bagaiamana mengatasi rasa grogi? Ini yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa grogi berdasarkan pengalaman pribadi dan beberap sumber.

Sharing dan Diskusi dengan orang lain

Ini yang biasa saya lakukan beberapa waktu sebelum tampil didepan umum, jika rasa grogi muncul terkait bicara didepan umum.  Cari orang yang bisa dipercaya, dan Anda yakini mampu memotivasi. Orang tersebut bisa pasangan hidup, teman, sahabat atau saudara. Utarakan apa yang menjadi ketakutan, dan rasa tidak percaya diri. Kemudian diskusikan masalah-masalah tersebut.  Biasanya setelah diskusi dan curhat rasa takut dan minder akan luruh dengan sendirinya.

Ciptakan Ketenangan Diri

Rasa tenang merupakan segalanya pada saat tampil dan berbicara di depan umum. Ketenangan diri yang berhasil dikuasai akan sangat mempengaruhi keseluruhan performa diri. Suara jadi bergetar, badan jadi gemetar, ide-ide dipikiran bisa hilang, antara lain akibat yang bisa ditimbulkan.

Ketenangan saat berbicara didean umum dapat diciptakan dengan mengenali karakter diri. Karena setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menciptakan ketenangan tersebut. Ada yang menggerakan-menggerakan tangan, memasukan tangan disaku celana, dan lain-lain. Mengenali karakter diri sangat membantu menciptakan ketenangan diri.

Berpikir Positif

Berpikir positif bahwa diri pasti bisa. Tak peduli siapa audience-nya, jangan pernah memandang rendah kemampuan diri sendiri. Setiap diri itu unik dan menarik. Setiap pakar itu hanya memguasai sedikit ilmu, tidak mungkin menguasai semua ilmu. Nah, hargai ilmu yang sudah dikuasai itu dengan penuh rasa syukur, karena tidak semua orang diberi kemampuan menguasainya, meskipun banyak yang belajar dibidang yang sama.

Latihan Bicara didepan Kaca dan Rekam

Latihan sebelum tampil ini sangat penting, dilakukan, bila perlu lakukan berulang-ulang. Latihan dapat menimialisir rasa grogi dan secara tidak langsung belajar menguasai materi. Manfaat lain dari latihan, paham durasi waktu yang tepat, gesture tubuh yang tidak perlu, kata-kata yang harus dikurangi, intonasi suara dan lain-lain. Latihan sebaiknya dilakukan didepan kaca, dan rekam  dengan audio atau video.  Putar dan simak rekaman tersebut dan koreksi apa kekurangannya, segera perbaiki.

Kuasai Materi

Setelah urusan mental selesai hal yang tak kalah penting adalah menguasai materi. Pelajari dan persiapkan materi dengan baik dan sungguh-sungguh.  

Selain konten, tampilan power point juga perlu diperhatikan. Buat PPT semenarik mungkin, sajikan poin-poin penting saja.  Materi lengkapnya bisa dijelaskan lebih banyak pada saat presentasi atau pada saat diskusi atau tanya jawab.

Berdoa

Setelah berikhtiar sedemikan rupa, banyak berdoa memohon kekuatan dan ketenangan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pasrahkan segalanya kepada-Nya.

Ikhlas 

Setelah presentasi biasanya jadi penasaran hasilnya. Terima apapun hasilnya, meskipun itu banyak kekurangan. Jangan terlalu bangga jika berhasil, dan jangan patah semangat jika kurang berhasil. Perbaiki kekurangan dan simpan keberhasilan.